hi kesalahan!

Pada akhirnya kita akan bertemu dengan kesalahan yang kita perbuat. Pada akhirnya kita akan melakukan kesalahan yang tidak pernah kita inginkan. Dan saat itu tiba semoga kita sadar betul kalau itu hanyalah sebuah proses untuk menemukan diri sendiri bukan sebuah alasan untuk pembenaran atas kesalahan yang telah terjadi. 

Tidak ada yang benar-benar bisa lolos dan lulus dari kesalahan. Sekuat apapun diri sendiri mencoba untuk menyempurnakannya. Namun, tidak ada salahnya meminimalisir kesalahan. Dengan belajar kita menghargai banyak hal, kesalahan bukan hal buruk. Itu hanya sebuah alasan kita untuk tetap belajar. Menghargai setiap proses, melakukan yang terbaik pada setiap kesempatan. 

Pikir itu pelita hati. Begitu ungkapan lama yang masih ramah di telinga.
Begitulah harapannya jika di dalam hidup, jadilah acuh terhadap segala sesuatu. Mengerti bahwa kesalahan adalah upaya penerimaan. Kenali ia sebelum bertemu dengannya. Nanti, di penghujung waktu tepat dimana kita bertemu dengannya semoga diri ini paham. Bahwa kesalahan itu bukan hal buruk dia hanya hal yang ingin orang hapuskan dengan sekali kedipan. Padahal hadirnya bukan serta merta, ia dihadirkan sebab ia tak dapat menghadirkan diri sendiri. 

Comments

Popular Posts