Kita Masih Harus Hidup

Apa yang membuat manusia ingin terus hidup? 
Menyadari pertanyaan baru itu hari ini. Sebenarnya apa yang membuat manusia ingin terus hidup selain karena masih diberi kesempatan oleh Tuhan Yang Maha Baik. Kenapa manusia masih terus semangat untuk hidup padahal kadang kala mereka mempunyai fisik yang tidak sempurna, atau kehidupan yang biasa-biasa saja bahkan lebih sering kekurangan secara materi. Akan ada banyak jawaban versi semua orang. Mungkin sebelum membaca ini kalian juga punya jawaban tersendiri di dalam benak masing-masing. 
Sederhananya kita masih mempunyai harapan untuk hidup karena tahu kalau mati juga tidak mungkin sepercaya diri itu. Maka beberapa jawaban ini mungkin menjadi alasan kenapa kita masih ingin terus hidup sampai sekarang.

1. Harapan
Saya selalu menuliskan jika ada kesempatan tentang satu kata besar ini. Tidak senyata artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tapi mampu memberikan kepercayaan pada setiap insan yang meyakininya. Harapan adalah mimpi yang tidak pernah tidur. Sekalipun anda beristirahat, melupakan sejenak carut-marut dalam keseharian atau bahkan dalam kehidupan, ada harapan yang masih terus bersinar. Harap-harap ia akan menjadi alasan manusia untuk tetap bisa semangat dalam menjalani hidup. Tapi, bagaimana hal sebesar ini diambil dalam hidupmu? Bagaimana jika hal seremeh dan gratis ini dipaksa lenyap dari semestamu? Apalagi yang bisa kita punya selain ini? Alasan kuat apalagi kita hidup sampai sekarang? Jika dalam fisik lemah seseorang masih bisa terus kuat menjalani hidup. Maka jangan tanyakan pada orang yang fisiknya kuat tapi seakan seperti orang mati, sebab jauh di dalam sana ada yang sudah terkubur. Silahkan lihat disekeliling kita, jika ada maka ia adalah orang yang tanpa harapan. Sekalian punya harapannya telah mati. Entah mati karena diri sendiri atau dipaksa mati oleh orang disekelilingnya.

2. Do'a
Ada satu kekuatan magis yang dimiliki orang berkeyakinan pada satu agama. Pemeluknya akan merasa lebih baik dan nyaman setiap hal ini dilangitkan. Maka ada satu hal besar lain yang membuat manusia masih ingin terus hidup yaitu do'a. Pada setiap kata yang terlontar tentu ada hal yang akan kembali. Percaya atau tidak jika sering mengucapkan kata positif dan penuh semangat. Maka itu akan menjadi bahan bakar terbaik untuk raga yang masih terus hidup. Kata-kata itu akan kembali membuat individu bergerak dan yakin, dan begitu sebaliknya. Jika seseorang sering mendengar kata negatif dan terus menjatuhkan dirinya, maka ia akan lahir sebagai orang yang pesimis dan buruk sangka. Beruntung jika yang mendapatkan perkataan ini adalah orang yang kuat, sehingga tidak perlu terpengaruh. Lalu bagaimana jika ia terpengaruh. Jawabannya pasti. Ia akan mati pada raga yang hidup. Sebab itu sering kita dengar perkataan adalah do'a. Karena ia mengandung harapan menjadi mantra terbaik sepanjang hidup. Maka berkatalah yang baik-baik atau diam.

3. Belas Kasihan Tuhan
Maka jika berbicara tentang alasan terbesar manusia masih terus hidup tak lain dan tak bukan adalah karena belas kasihan dari Tuhan. Allah menjadikan kita hidup pasti memiliki alasan. Dia tidak akan menciptakan sesuatu yang ada di bumi jika tidak memiliki nilai. Maka jika dua alasan diatas tidak ditemui dalam hidup hari ini. Barangkali alasan ketiga adalah alasan mengapa kita masih hidup sampai sekarang. Sehingga tak perlu mencari hal lain cukuplah berterima kasih atas kebaikan tidak bersyarat ini. Kemudian perlahan temukan dua alasan sebelumnya secara perlahan. Dan akhirnya temukan alasan lain yang jauh lebih besar daripada itu. Kenapa kita masih ingin terus hidup.


Selamat Pagi 
Terimakasih sudah membaca 
Semoga bermanfaat

Comments

Popular Posts